LEBIH BAIK MANA? KULIAH ATAU KERJA??

KULIAH ATAU KERJA??


 Sebagian anak SMA atau SMK banyak merasakan Dilema...
Ehemm.. Putus cinta kalee...

Sebagian anak SMA atau SMK yang baru lulus berpikir apakah dia ingin melanjutkan Studi nya atau Bekerja, di satu sisi ingin kuliah agar karir yang di impikanya kelak tercapai, dan sebagian memilih bekerja untuk membantu orang tua mereka. Dan di satu sisi yang berbeda mereka Kuliah sambil bekerja, dengan alasan ingin mandiri dan tidak ingin membebankan orang tua mereka.

Ada beberapa kaum Millenial yang memilih kuliah dan ada yang memilih langsung bekerja.
Tapi, sebagaian besar memilih untuk lanjut ke tingkat pendidikan selanjutnya, ada sebagian kaum Millenial yang ingin fokus ke kuliahnya, dengan alasan ingin fokus ke kuliahnya. Karena dengan fokus ke kuliah, kamu mendapat pengetahuan tentang jurusan kuliah kamu dengan mendalam... Sehingga kamu bisa belajar dengan tenang tanpa ada hambatan. Dan kamu pun bisa bebas belajar di mana aja, pergi ke perpustakaan, museum, culture budaya dan lain-lain.
Ya ya ya, "That's Good Idea"....

Kalo saya sendiri sih, saya lebih memilih bekerja sambil kuliah. Saya lebih memilih bekerja sambil kuliah karena saya ingin mempunyai penghasilan sendiri tentunya!Hehehe
Banyak kalangan anak Millenial saat ini memilih melanjutkan kuliah sambil menjadi freelance...
Hmm... mungkin itu adalah ide yang bagus, karena sambil menuntut ilmu kamu juga dapat penghasilan sendiri tentunya!
Menurut Buku Tatang Sutarma... Hehehe....
Menurut saya, memilih bekerja sambil kuliah itu ada beberapa alasan, kalo kerja kan kamu bisa beli apa aja yang kamu mau tanpa harus malu minta ke orang tua kamu, dan kamu juga tau kerja itu gimana dan rasanya tuh gimana, enak atau kagak. Dan di sisi lain jika kamu kerja sambil kuliah yaa.. mungkin pelajaran yang kamu serap di bangku kuliah tidak efektif karena kamu di satu sisi harus menyeimbangkan antara kuliah kamu dan pekerjaan kamu. Yaa.. mungkin yang kamu akan rasakan sih merasa capek, habis kerja langsung kuliah truss pulang tidur dan besok kerja lagi.

Tapi lama kelamaan gak terasa kok... paling nanti jadi kebiasaan kalo udah lama. Dan kamu juga bisa membangun Network dengan teman-teman kamu dan melatih kepemimpinan kamu untuk menjadi "Bos" Hehehe...

Dengan Kerja sambil Kuliah kamu bisa mendapatkan pengalaman di saat kamu sudah lulus kuliah nanti tentunya, kamu bisa di tempatkan di posisi yang lebih baik karena kamu sudah memiliki kemampuan dan skill yang memadai, dan tentunya atasan kamu dapat menilai kinerja kamu dulu tentunya supaya kamu bisa di tempatkan posisi sebagai leader. Dan tentunya kamu pun tidak merasa kaku saat langsung terjun ke lapangan karena kamu sudah terbiasa di lingkungan kerja dan bertemu langsung dengan para pekerja.
Tapi, tentunya kamu juga harus mengasah Intelektual kamu, agar atasan kamu merasa "Wahh" dan bangga mempunyai pekerja seperti kamu, selain mempunyai Skill dan kemampuan, kamu juga mempunyai pengetahuan yang luas. Kamu bisa belajar dan sharing pengetahuan dan pengalaman  kamu dengan teman kerja kamu dan teman kuliah kamu, sehingga kamu bisa mendapat gambaran bagaimana kamu akan memulai pekerjaan kamu. Karena atasan kamu tentunya tidak hanya menilai Skill kamu, tapi... Intelektual kamu juga!

Jadi...
Menurut saya kuliah atau kerja merupakan suatu pilihan kamu tersendiri, Karena kamu harus menentukan sendiri apakah kamu ingin bekerja atau kuliah. Apakah kamu ingin melanjutkan pendidikan kamu atau bekerja, atau kamu ingin bekerja sambil kuliah!


Xayha

Komentar